Dari Jadwal MK TA 2023 /2024 Sem Genap di URL Jadwal Kul TA 2022 /2023 Gnp – R. Arum, S.P. (unila.ac.id) Dosen pengajar pertama adalah Pak Herids (PJ), ternyata sekarang diganti oleh ibu Ubaidah, dosen pengajar kedua adalah Pak RASP.
Dari vclass di URL Course: SPK-INF620334-INF616460 (unila.ac.id) Jadwal kuliah setiap hari Jumat jam 15.30 -16.50 wib di Ruang H19. Kuliah perdana tanggal 23 Februari 2024. Simak RPS berikut.
MK SPK menggunakan pembelajaran dengan case method dan team-based project. Oleh karena itu mahasiswa diminta menyelesaikan kasus (case method) dengan membentuk kelompok (team-based project).
Setelah semua mahasiswa membentuk kelompoknya masing-masing (minimal terdiri atas seorang ketua dan dua orang anggota) mereka menyepakati isu komprehensif kelas SPK 2024 yang di-breakdown menjadi isu kontekstual yang dibahas tiap kelompok.
Silakan anda mengacu contoh sbb
https://www.slideteam.net/search/go?w=decision%20support%20system%20case%20method
Bisa juga anda memakai fasilitas sbb
https://app.clickup.com/9018104625/v/dc/8crapth-38/8crapth-58
Bagai mana MK SPK dikaitkan dengan MBKM –> MSIB –> Marketing Technologies cq Kompas Gramedia Jakarta. Di manakah kesesuaian isu komprehensif ini dengan MK SPK?
Dari Telkom University, ada kajian Future Trend and Problem Solving (Software Engineering, Information System, Data Processing). Teknologi pemasaran terkait wira niaga yang menjual barangnya. Teknologi ini mengolah data kecenderungan pasar menggunakan sistem informasi yang dibangun dengan teknik peranti lunak.
Ada seorang mahasiswa magang yang berada pada posisi mengelola digital marketing platform menjalankan campaign work mencapai marketing goal via web marketing. Digital marketing channel itu menggunakan e-mail, app, html, css.
Dikatakan bahwa pada kegiatan magang diberikan materi soft skill termasuk materi decision making. Seharusnya materi terkait diuraikan detil jika mahasiswa ingin mengonversi kegiatan tersebut ke MK SPK, termasuk para pendukung keputusan dan hubungannya dengan SPK.
Dikatakan bahwa mahasiswa ybs menyaksikan secara langsung penerapan teknik-teknik SPK ke dalam marketing technologies, apa saja? Bagai mana membuat penerapan SPK di masyarakat (bisnis)? Prinsip-prinsip SPK antara lain ialah: a) forecasting, b) simulation, c) analytical hierarchy process. Dibahas juga Intelligent DSS. Bagai mana pemakaian prinsip-prinsip ini di arena magang.
Bagai mana keputusan dibuat oleh atasan, supervisor di kantor perusahaan? Hal ini terkait analytical hierarchy process, seharusnya ini diceriterakan! Seharusnya diterangkan juga materi expert system, executive information system (sebagian telah diceritakan), juga materi tentang sistem otomatisasi di kantor perusahaan.